Senin, 19 Maret 2012

Domain Gratis cctld id .web.id Untuk Personal Warga Negara Indonesia

Saat ini kepengurusan domain tingkat negara id (indonesia) dipegang oleh pemerintah pada Departemen Kominfo. Depkominfo belum memutuskan harga untuk semua domainnya dan saat ini tidak mengenakan biaya untuk pendaftara domain baru. Domain berakhiran .id gratis yang paling mudah didapatkan oleh perseorangan adalah domain .web.id. Cara cukup mudah dan tidak memerlukan biaya.
Untuk mendapatkan domain gratis tersebut anda diwajibkan membuat account baru pada situs registrasi cctld-id. Setelah anda membuat account anda dapat meregister domain .web.id yang anda inginkan. Kemudian siapkan dokumen pendukung seperti file image scan KTP/SIM/Paspor anda yang masih berlaku dan menguploadnya ke situs pengelola cctld-id. Setelah itu anda tinggal menunggu domain anda diaktifkan oleh pengelola.
Yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh meregister domain yang mengandung unsur pornografi, kejahatan, nama kota, nama daerah, dll. Domain yang anda daftarkan tidak mengikutsertakan hosting, di mana anda harus mencari tempat menaruh file html anda yang dapat diakses orang lain sendiri. Anda bisa mendapatkan web hosting gratis yang dapat menerima domain .web.id anda di www.dd.am, www.ahbhost.com, www.arroways.com, dan masih banyak lagi lainnya.
Anda tidak hanya dapat meregister .web.id karena anda juga bisa mendaftar domain lain seperti .or.id .co.id .net.id dan lain-lain jika anda dapat memenuhi persyaratannya. Untuk mengisi Domain Name server saat pendaftaran anda dapat mananyakannya ke tempat webhosting anda. Biasanya DNS terdiri dari 2 address. Setiap web hosting memiliki DNS masing-masing yang berbeda. Untuk Name server address (NS address) anda dapat menanyakan juga di tempat hosting anda atau mengeceknya di www.dnsstuff.com secara gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar